Make your own free website on Tripod.com

TES Kepribadian !

Semua bagian dari tes ini didapat dalam bentuk Inggris dan telah diterjemahkan oleh Andy (Yoko_). Jika ada kalimat yang tidak dimengerti atau janggal, mohon maaf sebesar-besarnya, soalnya gue uda berusaha sebisa gue :)

* TES EMOSI


Nih kuis buat ngetahuin emosi loe ! Itung aza skor loe buat tau lebih banyak tentang emosi loe :)

1) Apakah loe merasa bersalah kalo nangis di depan umum ?
[Y : 0 / T : 1]
 
2) Apakah kamu merasa kalo nangis itu simbol kelemahan ?
[Y : 0 / T : 1]
 
3) Apakah loe merasa kalo lelaki tidak boleh nangis ?[Y : 0 / T : 1]
 
4) Apakah loe malu kalo tahu loe nangis pas nonton film ato baca buku ?
[Y : 0 / T : 1]
 
5) Kalo pas menghadiri pemakaman, loe mau menahan air mata ? [Y : 0 / T : 1]

6) Kamu percaya kalo ada politisi yg nangis di depan umum ? [Y : 0 / T : 1]

7) Menurut loe, apakah perlu menggunakan air mata utk mengungkapkan ekspresi dari suatu emosi ?[Y : 0 / T : 1]

8) Apakah loe mengijinkan seseorang menghibur loe pas lagi nangis/sedih ?[Y : 1 / T : 0]

9) Apakah loe merasa tersipu melihat cowoq dewasa nangis ? [Y : 0 / T : 1]

10) Apakah loe cenderung mengatakan mata loe kena sesuatu (kelilipan/lainnya) pas ada orang yg ngga sengaja liat loe nangis ? [Y : 0 / T : 1]

11) Apakah loe biasa mencoba menyembunyikan kemarahan loe ? [Y : 0 / T : 1]


12) Apakah loe biasa mencoba menyembunyikan rasa kekecewaan loe ?
[Y : 0 / T : 1]

13) Apakah pernah loe marah lepas tak terkendali ? [Y : 1 / T : 0]

14) Apakah kemarahan loe pernah membuat loe susah ? [Y : 1 / T : 0]

15) Apakah loe percaya bahwa sangatlah bagus menghilangkan kemarahan loe ?
[Y: 1 / T : 0]

16) Apakah loe selalu memikirkan apa yang membuat loe marah ? [Y : 0 / T : 1]

17) Apakah loe mudah terbawa suasana? [Y : 1 / T : 0]

18) Apakah loe nyentuh org yg loe cintai paling ngga 1X sehari ? [Y : 1 / T : 0]

19) Apakah loe menikmati tanda-tanda fisik dari kasih sayang (/cinta) ? [Y : 1 / T : 0]

20) Apakah loe pernah terpikir pas melihat bayi-bayi yg mungil ? [Y : 1 / T : 0]

21) Apakah loe bahagia memegang tangan orang yang kamu cintai di depan umum ? [Y : 1 / T : 0]

22) Apakah loe menikmati kalo dipijat ? [Y : 1 / T : 0]

23) Apakah loe mengatakan secara rutin ttg perasaanmu kepada orang yang kamu sukai ? [Y : 1 / T : 0]

24) Apakah loe perna suka pada suatu hewan peliharaan ? [Y : 1 / T : 0]

25) Apakah loe menikmati dicium dan dipeluk oleh orang yang loe suka ? [Y : 1 / T : 0]

26) Apakah loe pernah ketawa kenceng-2 pas nonton film lucu ? [Y : 1 / T : 0]

27) Apakah loe pernah mengetuk-ngetuk kaki loe pas denger musik ? [Y : 1 / T : 0]

28) Apakah loe biasa tepuk tangan terakhir pas nonton konser ato acara olah raga yang loe suka ? [Y : 1 / T : 0]

29) Apakah loe pernah bersorak memberi semangat ke tokoh sport ato jagoan yg di TV ?
[Y : 1 / T : 0]

30) Bisa ngga loe mengingat saat-saat bersama orang yang terakhir loe ketawai ato loe seneng ?[Y : 1 / T : 0]
 
Laporan Skor

*Skor antara 17 dan 30

Sikap loe terhadap emosi loe itu sehat. Loe ngga merasa malu melepas emosi loe sekali-kali, dan tidak ragu lagi loe akan lebih sehat karena sikap loe ini. Loe layaknya seorang penasihat bersosial yang baik.
 
*Skor antara 8 dan 16

 
Loe tahu bagaimana cara melepas emosimu tapi loe masi merasa susah untuk melakukannya sesering yg loe mau. Loe harusnya siap untuk melepas emosimu lebih sering. Pas loe sedih, buatlah kesedihan itu menjadi suatu tangisan, pas loe lagi  marah, lepaslah kemarahanmu, pas lagi seneng, lepaslah tawamu. Membiarkan emosi loe keluar seperti ini akan membuat keajaiban kepada kesehatan fisik dan mental loe. 

*Skor 7 ke bawah
 
Loe bener-bener keras. Loe bener-bener perlu untuk melepas emosi loe keluar paling ngga sedikit deh. Ngga ada salahnya membiarkan orang tahu akan perasaan loe. Semakin loe berjuang untuk mengendalikan tekanan alami loe, semakin juga tekanan itu merusak kesehatan loe. Jangan menasehati orang lain dalam hal sosial. Loe bukan orang ahli dalam bidang itu.



--------------------------------------------------------------------------------

Tes Psikologi
Jawab pertanyaan berikut ini sebelum loe liat tafsiran di bawah.
1) Kalau kapal loe karam dan loe berenang ke suatu kapal penyelamat trus loe lompat ke dalamnya, brapa orang yang di dalamnya bersama loe ?

2) Trus loe mendayung sampai ke pesisir dan harus menyebrangi padang pasir, brapa pasang sepatu yg loe pake?

3) Loe melihat sebuah kota di kejauhan, tapi liatnya pas loe nyampe di suatu oase. Loe bakal stop dan istirahat  selama yg loe mau, istirahat sebentar , ato cuek dan trus jalan ke kota itu ?

4) Loe sampai di kota itu dan di sono ada istana. Di ujung koridor yg panjang loe melihat seorang raja/ratu di atas tahta. Dia kaya apa sih?

5) Loe menuruni tangga spiral yg gelap, sepanjang tembok ada obor yg sebentar -bentar menyala. Pas loe jalan, ada seorang ksatria ato seorang putri dari istana mendatangimu.  Loe hanya melihat sekilas dari wajahnya. Siapakah dia ? Seorang kenalanmu ?

6) Trus loe sampai ke ruang perjamuan dan loe melihat sebuah meja panjang yang di tengahnya ada sebuah cawan emas. Loe melihat ke dalamnya. Brapa penuhkah cawan itu ?
 
 

Lihat tafsiran di bawah...
 

1) Menentukan berapa banyak teman sejati yang loe punya
2) Menentukan berapa banyak cinta sejati yang loe dapati sebelum kawin
3) Etos kerja.
4) Gambaran seorang pasangan hidup yg ideal yang loe dambakan.
5) Ini adalah orang yang ngga dapat loe lewati semasa hidupmu.
6) Sebrapa penuhnya menggambarkan sebrapa banyak loe memberi dalam hal      persahabatan.



--------------------------------------------------------------------------------

EQ TEST

1. Dalam perjalanan, bus loe tiba-tiba mogok. Kemudian tiba-tiba jalan lagi walau goyang-goyang sana-sini. Loe akan :
a. Tetep dengerin Walkman atau melihat pemandangan yang indah dan cuek terhadap itu.
b. Waspada banget akan kemungkinan kecelakaan. Beri perhatian lebih kepada perilaku pengemudi dan memberi tahu laennya betapa kuatirnya dikau.
c. Dua-duanya ( a dan b).
d. Ngga tahu ama sekali.

2. Loe ngebawa seorang anak kecil perempuan berumur 3 taon ke pesta ulang tahun teman. Bagaimanapun, dia menangis karena anak-anak laen menolak bermain dengannya. Loe akan
a. Cuek -- Biar dia menyelesaikan problemnya sendiri.
b. Bicara dengan lainnya dan membantunya supaya yang lain mau menerimanya.
c. Meminta dengan halus supaya ia tidak menangis.
d. Meninggalkan tempat itu supaya dia ngga sedih lagi.

3. Andai loe seorang pelajar yang menuntut kesempurnaan sekali. Setiap ujian kamu pelajari, tetapi hasilnya jelekEvery exam you study very hard. Loe akan
a. Membuat suatu skema belajar untuk meningkatkan mutu nilai.
b. Mencoba untuk belajar lebih giat.
c. Mengatakan pada diri sendiri untuk tidak kuatir dan berkonsentrasi lebih pada ujian berikutnya.
d. Tanya pada sang guru. Coba meminta nilai yang lebih tinggi

4. Bayangkan loe seorang pedagang (salesman). Lebih dari 10 temanmu menolak produkmu. Loe sangat frustasi. Loe akan
a. Mengeluh dan berharap akan lebih baik
b. Melihat ulang kualifikasimu dan berpikir apakah loe bisa jadi salesman.
c. Mencoba menemukan perdagangan lain dan tidak pernah menyerah.
d. Memikirkan untuk ganti pekerjaan.

5. Andai loe seorang pemimpin dalam suatu grup yg kedudukan personelnya sejajar. Suatu hari ada yg mencemoohmu. Loe akan
a. Cuek dan menganggapnya hanya main-main.
b. Minta kepada orang itu untuk datang ke suatu ruangan dan mencari tahu apa yg dimaksud sebenernya.
c. Menyatakan pendapatmu bahwa grup ini tidak menerima ucapan macam itu.
d. Menyemangati agar orang itu mengambil kursus dalam hal itu.


6. Mobil baru temanmu tiba-tiba tabrakan dengan mobil seorang pengemudi yang ugal-ugalan. Dia sangat marah. Loe hanya ingin temanmu supaya ia dapat menenangkan dirinya.
a. Memintanya untuk melupakannya dan tidak ada yang perlu dilukai.
b. Bicara padanya hal-hal lain untuk mengalihkan perhatiannya.
c. Membelanya dan menyalahkan pengemudi itu bersama-sama.
d. Mengatakan padanya kalo loe pernah mengalami hal yang sama. Loe juga marah banget dan pergi ke kantor polisi.


7. Loe bercek-cok dengan temanmu dan situasinya buruk. Kamu berdua terluka. Sekarang loe mau
a. Istirahat 20 menit dan kemudian melanjutkan diskusi.
b. Berhenti cek-cok dan diam.
c. Meminta maaf dan minta agar dia juga berbuat sama.
d. Berhenti sebentar, pikir lagi, trus ungkapkan pendirianmu lagi.


8. Kamu adalah seorang president dalam suatu pertemuan. Sejak aset penjualan memburuk, loe meminta agar staf dari bagian lain untuk berpikir mengenai suatu rencana kemajuan yg baru. Loe akan
a. Menyatakan semua hal yg diperlukan dalam diskusi dan waktu yang diperlukan dalam setiap poin.
b. Menggunakan waktu supaya para staf mengetahui 1 sama lainnya.
c. Menanyakan pendapat 1 per 1.
d. Menggunakan metede "pengilhaman" untuk mendorong semangat para staf untuk memberikan pendapat mereka tidak perduli betapa gilanya ide itu.


9. Andai loe punya seorang sodara kecil yang sangat pemalu atau sangat sensitif. Ia takut akan orang asing atau tempat asing. Loe akan
a. Menerima kepribadiannya dan melindunginya supaya dia tidak terluka.
b. Meminta seorang psikolog atau orang tuamu untuk membawanya ke dokter.
c. Membawanya untuk berhubungan secara lebihdengan orang asing dan tempat yang asing. Semoga dia akan terbiasa.
d. Membuat suatu rencana penuh tantangan untuk membantunya mengatasi masalah itu.


10. Akhir-akhir ini, loe berkesempatan mempelajari piano yang kamu idamkan untuk mempelajarinya sejak kecil. Loe akan
a. Berlatih tiap hari sesuai dengan jadwal.
b. Memilih suatu musik yang mana dapat mengembangkan keahlianmu secara bertahap.
c. Berlatih pas lagi ada keinginan.
d. Memilih suatu musik yang susah dipelajari untuk merangsangmu.

Cocokan jawabanmu dengan tabel di bawah !
 
 
 
 
 
 
 
Pilihan: A B C D
1. 20 20 20 0
2. 0 20 0 0
3. 20 0 0 0
4. 0 0 20 0
5. 0 0 20 0
6. 0 5 5 20
7. 20 0 0 0
8. 0 20 0 0
9. 0 5 0 20
10. 0 20 0 0
 
Ini adalah tes pengetahuan yg berhubungan dengan emosi (EQ, Emotional Intelligence). Meliputi :

1. Kemampuan seseorang
2. Kemampuan mengendalikan perasaan
3. Waspada diri
4. Ketegasan
5. Motivasi diri

Penelitian akhir-akhir ini menunjukkan bahwa faktor sukses tidak bergantung pada IQ. Pengaruh IQ dalam sukses pribadi itu 20% sedangkan sisanya 80% bergantung pada  EQ. Menurut pandangan seorang ahli, seseorang yang mendapatkan nilai 200 sangatlah pintar. Akan tetapi, loe hanya bisa lulus tes kalu bisa melebihi nilai 100. Semakin tinggi nilai ya semakin ideal deh. Kalau nilai loe dibawah 75, tolong lebih memperhatikan masalah dunia emosi. Kalau mungkin, coba cari pekerja sosial untuk diajak berbicara dan mengerti lebih tentang dirimu.
Bagaimana cara meningkatkan EQmu ?

1. Kemampuan seseorang

a. Mengetahui bagaimana memaafkan orang lain.
b. Berpikir lebih dalam sudut pandang yang berlainan.
c. Menerima pendapat orang lain.
d. Menyadari perasaan orang lain.
e. Bersahabat dengan org secara tulus.
f.  Hargai dan pikirkan orang lain secara lebih.
g. Bukalah dirimu.
h. Jadilah sopan.

2. Kemampuan mengendalikan perasaan
a. Carilah teman yang baik ketika loe sedang tidak "happy".
b. Dengar musik ato lagu favoritmu.
c. Lemparlah bantal atau nangislah untuk mengungkapkan dirimu.
d. Teriaklah kencang-kencang tentang keluhanmu ketika tidak ada orang.

3. Waspada diri
a. Tanyalah temanmu akan sisi baik dan sisi burukmu.
b. Koreksi diri secara terus menerus supaya tahu apakah ada kemajuan.

4. Ketegasan
a. Berpikirlah lebih dalam sudut pandang yang berbeda.
b. Menyadari perasaan orang lain.
c. Menerima perbedaan pendapat dan metode/cara.


5. Motivasi Diri
a. Lebih banyak membuka dirimu.
b. Jadilah "happy".
c. Punya keyakinan akan masa depan.
d. Percaya pada diri sendiri bahwa loe punya kemampuan memecahkan masalah.
e. Ingatlah selalu tujuan hidup setiap hari.
f. Mintalah dirimu secara terus menerus untuk membayangkan kebahagiaan dari sukses.
g. Berilah dirimu beberapa hadiah sebagai pemicu semangat.
   

Terima kasih mo ngebaca , semoga tes kepribadian ini bisa membantu loe.

=^.^=